Kentalnya Budaya Ngopi di Indonesia: TUKU Jadi Salah Satu yang Bikin Nagih!
Budaya ngopi di Indonesia emang udah gak perlu diraguin lagi deh. Dari warung kopi pinggir jalan sampe coffee shop kekinian, rasanya gak pernah sepi pelanggan. Semangat para pebisnis kopi juga kayak gak pernah padam. Inovasi dan resep kopi baru terus bermunculan, ngundang makin banyak lagi pecinta kopi buat nyobain.
Salah satu dari banyak coffee shop itu adalah Toko Kopi TUKU. Di tahun 2017, kedai kopi ini sempet jadi bahan omongan di mana-mana gara-gara didatengin sama Presiden Joko Widodo pas jam makan siang. Abis momen viral itu, penjualan Kopi TUKU langsung melejit banget. Usut punya usut, Toko Kopi TUKU ternyata salah satu pelopor kopi susu gula aren di Indonesia, lho! Penasaran gimana perjalanan bisnisnya? Diana Frances, Business Manager Toko Kopi TUKU, cerita pengalamannya nih.
Menjadi Jembatan Antara Warkop dan Coffee Shop: Kopi TUKU Ngertiin Selera Anak Muda!
Sebenernya, misi dari Toko Kopi TUKU tuh buat ningkatin konsumsi kopi di Indonesia. Berdasarkan data terbaru, konsumsi kopi masyarakat Indonesia di tahun 2018 nyampe 72 ton per tahun. Meski jumlahnya gede, tapi Indonesia masih bergantung sama biji kopi impor. Ini disayangin banget, soalnya kopi-kopi asli Nusantara tuh rasanya gak kalah enak. Mimpi dari Kopi TUKU adalah jadi wadah buat petani-petani kopi lokal dengan pake 100% biji kopi lokal dalam bisnis mereka.
Di tahun 2019, Toko Kopi TUKU berhasil ningkatin konsumsi sampe 175 ton per tahun dan nargetin 300 ton di tahun 2020. Mereka ngejaga rantai pasok bahan baku lewat kerjasama sama koperasi kopi dan BERAGAM, sebuah roastery. Sekarang, Toko Kopi TUKU udah punya 12 cabang. Ada yang khusus buat online delivery dan dine in.
Hal-hal yang fundamental buat operasional Toko Kopi TUKU ada 4: produk, lokasi, pelayanan, dan suasana. Keempat hal itu gak bisa dipisahin. Misalnya, ngerunut dari sebelum 2015, mereka ngelakuin riset dan emang banyak cara orang nikmatin kopi. Mulai dari di warung kopi, kedai kopi, sampe ke tempat artisan kopi. Warkop identik sama kopi sachet, sementara kedai kopi dan artisan ngolah biji kopi asli dengan merhatiin rasa dan masang harga yang lebih mahal.
Menurut Diana, Kedai Kopi TUKU hadir buat ngejembatani antara dua hal itu: warkop dan artisan. Soalnya, menurut mereka, ada gap harga antara warkop dan chain. Gak ada yang harganya di tengah-tengah. Gak cuma itu, Jakarta tuh salah satu kota tersibuk dan orang-orang di dalamnya selalu pengen hal yang praktis. Maka hadir lah Es Kopi Susu Tetangga, dengan pelanggannya adalah warga-warga sekitar.
Es Kopi Susu Tetangga: Menu Andalan yang Bikin Nagih!
Toko Kopi TUKU mulai buka pintunya di tanggal 1 Juni 2015. Waktu itu, misinya sederhana: kita pengen ngejual semua tentang kopi. Dan hal ini diwujudin dengan ngejual biji kopi, bubuk kopi, alat pengolah kopi, sampe produk minuman kopi. Waktu itu, di Cipete, mereka cuma toko kecil yang ngejual kopi pada para tetangga di area sekitarnya.
Owner Toko Kopi TUKU, Andanu Prasetyo, tuh seorang pebisnis yang demen banget terjun langsung ke lapangan. Di awal berdirinya, bisnis Kopi TUKU masih bener-bener kecil. Sebagian besar dikerjain sendiri, dan pegawai yang dipekerjakan pun masih dikit banget. Waktu itu, beliau bener-bener pengen toko kopi kecilnya berkembang dan karenanya memberaniin diri buat nanya sana-sini ke para tetangga yang merupakan pelanggan sekaligus penikmat kopinya.
Hasilnya, masyarakat lebih suka kopi yang dicampur susu, dengan rasa manis. Ngamatin kesenangan masyarakat terhadap es cendol yang pake gula aren, owner kepikiran buat ngombinasiinnya sama kopi. Percobaan dimulai dengan ngeracik kopi gula aren dan ngasihnya ke tetangga-tetangga sebagai tester. Setelah empat bulan, akhirnya dia berhasil nemuin formula racikan yang bener-bener enak dan jadi ciri khas Kopi Susu TUKU sampe sekarang.
Berinovasi di Kala Pandemi: TUKU Gak Mau Nyerah!
Selama pandemi, justru penjualan kopi di Toko Kopi TUKU berkembang pesat. Padahal, awalnya mereka cuma pengen survive di kondisi itu tanpa harus mecatin atau ngurangin bayaran pegawai. Tapi, siapa sangka kalo keadaan yang serba dibatasi justru bisa bikin Kopi TUKU berinovasi.
Tahun lalu, hampir semua sektor bisnis kena dampak pandemi. Tapi, buat Diana dan tim Kopi TUKU, yang terpenting adalah seberapa cepet dan pinter kita beradaptasi sama kondisi ini. Makin cepet kita gerak, tentu makin bagus. Mulai dari bulan Maret 2020, tim langsung mikir cepet dan ngeluarin produk kopi literan. Sebelumnya, mereka emang udah ngadain observasi kecil perihal kebiasaan pelanggan selama beli kopi. Banyak dari mereka yang ngebungkus tiga sampe empat gelas kopi buat dibawa pulang. “Kita jadi mikir, apa mungkin dibikin aja versi satu liternya dalam botol biar lebih praktis kalo mereka pengen ngopi di rumah ya?” kata Diana.
Ide ini akhirnya kejawab pas pandemi. Waktu itu, masyarakat gak bisa lagi nongkrong di kafe-kafe atau kedai kopi cuma buat mesen segelas dua gelas kopi kayak biasanya. Tapi, tentu ada keinginan gede buat tetep ngopi, tanpa harus ngegiling sendiri ataupun beralih ke kopi sachet. Akhirnya, muncul lah ide buat ngejual kopi susu dalam kemasan botol satu liter. Mereka ngejualnya di kanal-kanal e-commerce.
Buat ngedukungnya, tim marketing naikin hashtag #TUKUDIRUMAH di media sosial dan ngiklanin kopi literan ini sebagai produk yang pas buat dinikmatin masyarakat ibukota selama ngejalanin Work From Home (WFH). Gak cuma itu, mereka juga ngebagiin beberapa resep dan tips gimana cara ngopi enak di rumah. Bayangan tetep bisa ngopi di rumah sambil kerja ternyata menarik banget buat pelanggan. Alhasil, produk ini laku keras.
Pas masuk waktu Ramadhan dan Lebaran, Toko Kopi TUKU kembali berinovasi. Mereka nawarin paket kopi botol literan yang bisa dikirimin sebagai buah tangan buat kerabat atau temen-temen pelanggan. Paket ini bisa disertai pesan pribadi pelanggan ke penerima paket. Di waktu Lebaran pas orang-orang gak bisa ngumpul bareng, produk ini diiklankan sebagai penjalin silaturahmi yang tepat.
Selain itu, penjualan kopi sachet three in one dengan kopi, gula, dan krimer dalam satu kemasan juga meningkat. Soalnya, kebiasaan pelanggan ngopi di rumah meningkat juga selama pandemi.
Rajin Membaca Kemauan Pelanggan: TUKU Pengen Bikin Pelanggan Nagih!
Khusus di kedai-kedai fisiknya, Toko Kopi TUKU nerapin physical distancing dan cuma ngelayanin pesen bungkus atau pesen anter. Pas pandemi, mereka bertahan dengan e-commerce. Sampe sekarang, total karyawan mereka pun udah nyampe 200 orang.
Menurut Diana, buat tau kemauan pasar, kita harus rajin-rajin ngamatin pelanggan. Emang, tiap orang punya preferensi sendiri-sendiri soal kopi. Tapi, kalo kita amatin, tentunya ada satu produk atau hal yang disenengin sama mayoritas pelanggan. Bisa kita liat, pelanggan yang sering balik lagi dan lagi, tentu punya satu menu tertentu yang jadi kesukaan. Kebetulan, di Kopi TUKU, rasa yang pas ada di campuran bahan-bahan utamanya. “Ada karakter rasa yang jadi khasnya Kopi TUKU di sana, dan cocok dicampur sama kopi susu dan gula aren,” jelas Diana.
Jadi viral bukan tujuan utama dari Toko Kopi TUKU. Mereka lebih pengen ngebangun bisnis yang berkelanjutan. Salah satu cara nanemin brand image ini adalah dengan berkomunikasi pelanggan lewat media sosial. Gak cuma itu, mereka juga ngadain Kumpul Tetangga Online, yang merupakan acara ngobrol-ngobrol sambil ngopi bareng di rumah masing-masing secara virtual.
Perlu kemauan yang kuat, biar bisnis kita gak cuma sekedar jadi bisnis yang ngasilin cuan. Toko Kopi TUKU udah berhasil selangkah lebih maju dengan inovasi dan komitmennya. Nah, buat naik kelas, temen-temen gak cuma harus kerja sendiri, tapi juga ngebuka lapangan pekerjaan buat masyarakat Indonesia. Hal ini pula yang udah dibuktiin sama mereka.