Panduan AMP WordPress

Sebelum kita mulai Panduan AMP WordPress, baiknya kita ketahui dulu apa pengertian dari AMP dan apa kepentingannya kita harus menggunakannya pada suatu website.

AMP adalah kepanjangan dari Accelerated Mobile Pages yang merupakan proyek open source besutan Google. Fungsi dari Google AMP ini adalah untuk mempercepat halaman website bila diakses pada perangkat mobile.

Kecanggihan dari Google AMP adalah setiap halaman yang diakses tidak langsung ke server utama dari website yang anda miliki, melainkan diakses melalui server cache Google AMP. Syaratnya adalah halaman website anda harus terindeks terlebih dulu oleh Google kemudian Google yang akan mengakses halaman anda dari server Cache mereka.

Kenapa Google AMP Mempercepat Website Pada Perangkat Mobile?

Salah satu penyebabnya adalah halaman yang diakses tidak langsung ke server setiap website, melainkan diakses dari server Google AMP, kemudian hal mendasar adalah Google AMP tidak menggunakan script yang komplit, hanya dengan HTML, CSS dan sedikit Javascript halaman website yang mendukung Google AMP umumnya terlihat lebih bersih dan rapi.

Harus Menggunakan Google AMP!

Jawabannya bergantung kepada anda sendiri? Bagi kami fitur Google AMP ini merupakan solusi yang sangat OK apabila website anda ingin diakses cepat pada perangkat mobile?

Kenapa Harus Perangkat Mobile?!

Ya itulah Google, mereka sangat paham apa yang dibutuhkan oleh para pengguna internet, atau bisa dibilang internet itu ya Google…. 🙂

Kenapa? karena hampir semua orang pasti akan selalu mengakses Google setiap harinya.

Berdasarkan survey Google hampir 80% pengguna internet itu adalah perangkat mobile, sisanya ya beragam, ada yang komputer personal, laptop atau tablet.

Panduan AMP Pada CMS WordPress

Bagi anda yang menggunakan CMS WordPress Google AMP dengan mudah dapat anda gunakan pada website anda, berikut ini kami berikan beberapa langkah panduan Google AMP pada WordPress.

Instalasi plugin AMP for WP

Langkah pertama adalah anda harus melakukan instalasi plugin AMP for WP, instalasi dapat langsung dilakukan melalui menu Plugins –> Add New

Jika sudah anda install, langsung diaktifkan, kemudian plugin AMP for WP akan langsung menawarkan halaman pengaturan otomatis yang memudahkan anda, jalankan menu “Run Installation Wizard” dan ikuti setiap langkahnya dengan seksama.

Baca juga  Jasa Pembuatan Website di BSD

Kemudian anda akan diberikan halaman pertama pengaturan yaitu ucapkan selamat datang, bila anda tidak ingin membaca detil pesan selamat datang tersebut, lanjutkan dengan klik tombol “Start”.

Selanjutnya anda akan diminta mengatur logo utama yang akan digunakan pada halaman AMP website anda, plugin cerdas langsung mengambil sumber logo yang telah ada pada website wordpress kita, kemudian lanjutkan tekan tombol “Save” untuk ke langkah selanjutnya.

Anda akan diberikan pilihan untuk mengaktifkan Google AMP pada menu apa saja, contoh setelan awalnya adalah aktif pada Posts, Pages, Homepage, dan tidak aktif pada Category & Tag. Saran kami anda ikuti saja saran dari pengembang plugin AMP for WP, kenapa? karena saran terbaik adalah dari pembuat asalnya :).

Tahapan ke 5 adalah, anda akan diminta memasukkan kode Google Analytic, dan untuk hal ini juga saran kami anda masukkan saja kode Google Analytic yang telah anda buat, bila belum buat ya buat dulu dong, agar anda bisa memantaunya di kemudian hari 🙂

Pilih template AMP yang anda sukai, pada versi gratisnya AMP for WP hanya menyediakan 4 template, apabila anda kurang puas, silahkan membeli versi Pronya seharga mulai dari 149 dollar per tahun.

Apabila anda sudah sampai di tahapan ini, berarti pengaturan AMP for WP sudah selesai, dan Google AMP sudah aktif pada website anda, selanjutnya adalah menunggu proses indeks tiap halaman yang telah mendukung Google AMP.

Tampilan Halaman Yang Mendukung Google AMP

Berikut ini adalah tampilan halaman website anda yang telah mendukung Google AMP, bila anda ingin melihat tampilannya akses halaman AMP website anda ke alamat https://websiteanda.com/amp

Demikian Panduan Google AMP WordPress ini kami sajikan untuk anda, semoga bermanfaat dan memberikan dampak yang efektif untuk performa website anda di masa mendatang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Online Support? via WA
Scroll to Top