WPBakery Page Builder vs Elementor

Peran Page Builder pada wordpress sangat membantu para penggunanya, bahkan page builder tersebut menjadi salah satu plugin wajib bagi banyak para pengguna wordpress. Sampai-sampai di tahun 2019 ini wordpress resmi merilis plugin page builder bernama gutenberg.

Namun kali ini saya belum ingin membahas gutenberg secara mendalam, padahal gutenberg juga menjanjikan fitur-fitur yang sangat ok untuk page builder resmi, apalagi diiming-imingi dengan besutan developer inti wordpress yang membuatnya, tentunya akan memberikan kepercayaan lebih bagi perkembangan wordpress itu sendiri.

Artikel ini saya tulis berdasarkan penggunaan pribadi, sehingga bisa saja berbeda secara ilmiah maupun teknis dengan para pakar wordpress di luar sana, tentunya hal ini saya kembalikan kembali kepada anda para pembacanya yang berhasil menemukan artikel ini di pencarian google.

Apa Sih Page Builder?

Page Builder adalah fasilitas pada suatu website yang memudahkan dalam proses pembuatan halaman secara visual tanpa perlu menggunakan bahasa pemrograman tertentu.

Page builder pada wordpress merupakan plugin atau addon pihak ketiga yang untuk menggunakannya harus melalui proses instalasi setelah wordpress terpasang.

Umumnya page builder pada wordpress ini dilengkapi dengan beragam fitur yang luar biasa, karena hanya dengan page builder tersebut berbagai macam jenis halaman dengan beragam fiturnya anda bisa buat dengan mudah. Sebagai contoh, layout kolom, slideshow, tampilan posting/artikel, portfolio dan berbagai macam bentuk lainnya dapat anda buat dengan mudah.

Apabila anda berlangganan lisensi resmi, bahkan pengembang utamanya menyediakan banyak pustaka yang dapat digunakan secara cepat tanpa perlu menghabiskan banyak waktu.

WPBakery Page Builder

WPBakery Page Builder adalah salah satu plugin page builder yang sangat terkenal dan sudah sangat familiar bagi para pengguna wordpress, lebih dari 4 juta orang telah menggunakan plugin ini dan betapa banyak website yang sudah dibangun dengan plugin ini.

WPBakery Page Builder ini juga dikenal dengan Visual Composer, namun karena visual composer adalah hasil besutan pengembang yang berbeda, akhirnya page builder wordpress ini merubah namanya menjadi WPBakery Page Builder.

Plugin WPBakery Page Builder ini sebenarnya adalah plugin komersial dan berbayar, namun plugin ini beberapa tahun lampau banyak dijadikan paket penjualan template, jadi tidak harus membelinya kita sudah bisa menggunakannya, dengan catatan anda sudah membeli templatenya terlebih dulu.

Fitur utama dari WPBakery Page Builder adalah anda dapat mengedit laman, baik dari depan maupun laman admin wordpress, dan beragam fitur yang mereka namakan sebagai element, addons, serta template memanjakan para penggunanya.

Gambar di atas adalah penampakan laman utama WPBakery Page Builder saat digunakan, mungkin untuk awal anda harus melihat beberapa video tutorial yang sudah disediakan dan banyak tersebar di youtube, selanjutnya anda dapat berekspresi lebih jauh dengan page builder ini.

Elementor

Elementor termasuk plugin baru apabila dibandingkan dengan WPBakery Page Builder, akan tetapi plugin ini juga banyak diminati oleh banyak para pengguna wordpress, saat ini elementor telah digunakan lebih dari dua juta pengguna dan terus bertambah.

Elementor merupakan plugin gratis, dan yang terpenting dengan menggunakan versi gratisnya saja sudah lebih dari cukup, apalagi bagi kita yang ingin berhemat, tentunya Elementor menawarkan solusi yang pas, yaitu pas di kantong pas juga fiturnya untuk website kita.

Bagi saya yang terbiasa menggunakan WP Bakery Page Builder, pada saat awal menggunakan elementor terasa sulit bahkan sempat menyerah dengan model pembuatan laman yang disajikan, tapi lambat laun ternyata elementor ini juga memiliki keunggulan tersendiri apabila dibandingkan pendahulunya.

Coba simak video singkat fitur-fitur utama elementor di atas, sangat memukau bukan?, bayangkan kalau anda harus mengerjakan proses pembuatan laman tersebut tanpa bantuan plugin elementor? tentunya tidak semua orang akan bisa.Elementor vs Gutenberg

Elementor VS Gutenberg

Sebelum saya tutup artikel ini, ada artikel menarik yang membahas perbandingan Elementor dengan Gutenberg. Gutenberg merupakan editor resmi bawaan wordpress yang mengusung konsep Block Editor. Saya belum akan membahasnya, namun sebelumnya bisa disimak artikel yang ditulis oleh Jarrod Hall dari WPCity berikut ini : https://www.wpcity.com/elementor-vs-gutenberg/

Pro dan Kontra

Berdasarkan pengalaman saya pribadi, kedua plugin ini sangat layak untuk digunakan, dan keduanya punya porsi yang berbeda-beda sehingga cukup sulit untuk memilih mana yang terbaik diantara keduanya.

WPBakery Page Builder apabila dilihat dari sisi antar muka proses pembuatan konten menurut saya masih menang, jika website  anda buat sendiri dan kelola sendiri atau apabila anda seorang web developer dan harus menyerahkannya ke klien. Proses transisi pengetahuan cukup mudah, karena antar mukanya yang juga secara visual mudah dipahami.

Apabila anda ingin menggunakan elementor untuk website klien anda, perlu dipertimbangkan proses editing selanjutnya, apabila anda tidak memberikan sesi pelatihan khusus, klien anda akan bingung tentunya.

Namun lain lagi bila website yang anda buat dan mengelolanya sendiri, pilihan menggunakan elementor lebih menggoda, banyak sekali fitur-fitur pada elementor yang lebih kaya apabila dibandingkan dengan WPBakery Page Builder. Video Tutorial Elementor di Youtube juga sangat banyak, pengisinya dari yang profesional hingga amatiran lengkap, tinggal kita memilihnya mana pembuat video konten yang cocok dengan selera kita.

Dari sisi kecepatan akses saya masih menyukai gaya WPBakery Page Builder, karena ketika proses pembuatan laman atau pengeditan, tidak membutuhkan waktu yang lama untuk membukanya. Akan tetapi berbeda dengan elementor, pada proses awal membukanya anda akan diminta menunggu beberapa saat, bahkan kadang akan ada kendala dan harus merubah beberapa pengaturan pada wordpress maupun server yang anda gunakan.

Apabila anda ingin mengeksplorasi lebih jauh tentang WPBakery Page Builder maupun Elementor silahkan akses langsung ke website resmi mereka, dan jangan lupa di youtube banyak sekali beredar video tutorial yang sudah dibuat oleh para ahli.

Demikian ulasan ringan dari sudut pandang yang bagaimana gitu…. :), semoga bermanfaat

12 thoughts on “WPBakery Page Builder vs Elementor”

    1. Kalau bobot pagenya banyak fitur dan panjang ke bawah, menurut saya elementor jauh lebih cepat, namun kelemahannya load awal saja yang cukup berat. Masin2 builder punya keunggulan, meskipun kalau sudah lama menggunakan wpbakery pindah ke elementor tetap lebih nyaman elementor dalam mengelola page.

  1. Kalau saya lebih senang dengan WPbakery, bisa mengedit hingga modul2nya.. elementor load lama setiap mengedit halaman.
    hingga saat ini saya masih menggunakan WPbakkery di beberapa website portal saya.
    saya suka karena ringan dan load cepat, bisa dilihat

    1. iya mas, WP Bakery memang masih OK, saya sebelumnya total pakai Wp Bakery, tapi saat ini hampir semua page yang sebelumnya di Wp Bakery saya pindahkan ke elementor semua. Entah mengapa saya mulai nyaman dengan Elementor. Terkait load yang lama coba anda atur opsi PHP max_execution_time, biasanya ini termasuk yang bikin elementor agak lambat ketika load awal.

  2. Saya baru aja belajar WPBakery eh liat Elementor ngiler juga, tapi udah terlanjur otak atik banyak pakai WPBakery.
    Btw, bisa nggak migrasi ke Elementor tanpa merusak page yg dibuat dengan WPBakery?
    Thanks

    1. he..he..silahkan ditimbang2 mas, saya sebelumnya juga pengguna WPBakery yang tersesat di elementor, dan kini makin tersesat di elementor. coba google convert wpbakery to elementor, mungkin ada yang cocok mas

  3. menurut saya harua coba elementor pro ,
    manteb bgt bos, kita tidak perlu menulis di post atau page , cukup bikin di theme builder nya elementor…
    langsung bisa ditembak ke ke halaman post atau page,
    sblmny disiapkan dlu nama post dan page nya di dasbord umum. baru main di thme builder nya ..
    “kl bakery page builder juga bagus untuj pemula tampilanya familiar

  4. setelah baca tulisan ini, saya makin yakin untuk PINDAH ke ELEMENTOR..
    pertimbangan saya adalah karena elementor sendiri ada versi free selain itu juga banyak tersedia addons penunjang yang juga banyak gratisan, sukur-sukur kalau bisa yang PRO sekalian, kayaknya lebih mantabb… sedangkan wpbakery adanya versi berbayar…. he.he…
    saat ini blog saya masih pakai wpbakery yang akan segera saya ganti…

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Scroll to Top